5 Tips Agar Awet Muda di Usia Lanjut

Terkadang sebagian wanita malas melakukan kebiasaan – kebiasaan yang sebenarnya baik diterapkan untuk diri sendiri. Padahal, apabila kaum wanita mau membiasakan diri dari sekarang untuk memulai kebiasaan – kebiasaan baik, yang memang belum terlihat dampaknya saat ini, tapi percayalah, ternyata akan sangat berarti besar di masa yang akan datang. Pernahkah kamu melihat wanita yang usianya telah menginjak 50 tahun tapi badannya masih bagus, tulangnya masih kuat, kulitnya masih kencang dan jarang mengeluhkan sakit ini atau sakit itu?

Ternyata eh ternyata, sebenarnya ada banyak kebiasaan baik yang seharusnya rutin dilakukan, terutama saat kita masih berusia 20 atau 30-an, agar apa? Agar nantinya kita selalu tampak awet muda. Ladies, investasi itu ternyata tidak hanya berwujud kebebasan financial saja lho.. Tapi yang tak kalah pentingnya yaitu investasi berupa kesehatan. Coba kita bayangkan, apabila kamu memiliki banyak sekali uang tapi saat usia 50-an kamu terkapar di Rumah Sakit tidak berdaya, dan makanan yang bisa kamu telan hanyalah makanan cair dan susu gizi, jika hal itu terjadi dimanakah letak nikmatnya?

5 Tips Agar Awet Muda di Usia Lanjut

Jadi ladies, apa saja sih ritual yang seharusnya dibiasakan mulai dari sekarang agar kelak kita tetap terlihat awet muda di usia 50-an?

  1. Kulit akan membuat orang lain memprediksikan usiamu.

Kulit adalah salah satu faktor penting sebagai penanda bertambahnya usia. Rawatlah kulit agar tidak hanya sekadar tampak awet muda tetapi juga tampak sehat. Menjadi semakin tua itu adalah sesuatu yang pasti terjadi, dan kulitlah yang menjadi penanda yang paling mudah terlihat oleh orang lain disaat usia kita tidak lagi muda. Kulit kita dapat memancing orang lain untuk memprediksikan usia kita. Apabila bila di usia 50-an kulit kita masih sehat, maka orang lain mungkin akan memprediksi usia kita masih 30-an atau 40-an.

Oleh karena itu, menjaga kulit agar tetap sehat, terlebih lagi kulit wajah karena kulit wajah lebih halus dibandingkan kulit bagian tubuh lain sehingga butuh perawatan. Sangat penting menjalani kebiasaan baik untuk mempertahankan kesehatan kulit wajah, misalnya dengan selalu membersihkan riasan wajah sebelum tidur, melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari dengan cara menggunakan tabir surya, dan biasakan untuk menggunakan masker wajah 2 kali dalam seminggu atau setidaknya seminggu sekali, dan gunakanlah masker wajah yang terbuat dari bahan – bahan yang alami.

Meskipun mungkin kamu belum merasakan efek baiknya secara drastic pada saat ini, tetapi kamu akan merasakan sendiri efek baiknya ketika kamu memasuki usia setengah abad kelak. Ingat ladies.. Kulit yang sehat dan cantik itu, bukan didapatkan dengan cara yang instan. Ada wanita-wanita yang memilih cara instan agar kulitnya cantik, tapi belum tentu cara instan tersebut sehat. Akan lebih baik apabila kita mendapatkan keduanya, yakni kulit sehat sekaligus cantik, dengan rutin dalam menjalankan kebiasaan baik dan harus konsisten ya!

5 Tips Agar Awet Muda di Usia Lanjut xx

  1. Penuhi hak tubuh untuk beristirahat.

Ketika masih berusia sekitar 20-an atau 30-an biasanya semangat bekerja sedang sangat tinggi. Menjadi workaholic boleh saja, tetapi ingatlah bahwa tubuh kita juga memiliki hak untuk menikmati istirahat. Membiasakan diri sejak muda untuk beristirahat yang cukup, itu adalah prioritas apabila kamu ingin tampak awet muda saat telah berusia 40-an atau 50-an. Akan menjadi sesuatu hal yang janggal bila di usia 50-an nanti kamu inginnya sih masih terlihat muda, sehat, dan bugar, tetapi ternyata sejak muda sudah tidak mampu mengatur waktu antara bekerja dan beristirahat.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kurangnya waktu tidur bukan hanya dapat menyebabkan seseorang menjadi kurang prima setiap harinya, tetapi juga dapat menjadikan seseorang rawan terhadap beberapa jenis penyakit, diantaranya :

  • Penyakit gula darah atau kencing manis atau biasa pula dikenal dengan penyakit Diabetes
  • Penyakit tekanan darah tinggi atau yang biasa dikenal pula dengan nama penyakit Hipertensi.
  • Kelebihan berat badan atau Obesitas.

Jadi ladies, bekerjalah dengan sewajarnya dan gunakanlah waktu istirahat dengan semaksimal mungkin. Apabila tubuh fit, pastinya kesehatan akan semakin mudah diperoleh dan bertambah tua takan lagi menjadi fase yang menakutkan.

  1. Jantung sehat bugar ketika lanjut usia.

Lansia dengan riwayat pemeriksaan kesehatan jantung yang baik, ternyata kondisinya jauh lebih sehat dibandingkan anak muda yang malas bergerak. Riwayat kesehatan yang buruk dan kondisi fisik yang buruk, menjadi satu penyebab terjadi penuaan. Deorang Kardiolog dan pendiri Rippe Lifestyle Institute bernama James M. Rippe, M.D menjelaskan bahwa seorang lansia yang mempunai riwayat pemeriksaan kesehatan jantung yang baik, umumnya memiliki kondisi fisik yang jauh lebih sehat dibanding seseorang muda yang tidak aktif secara fisik atau malas berolah raga. Jadi ladies, badan yang masih bagus ketika nanti usia 40-an atau 50-an bukanlah lagi angan belaka, tapi syaratnya kamu harus rajin berolah raga secara rutin mulai sekarang. Bonusnya adalah risiko penyakit akan semakin kecil.

  1. Makanan sehat akan mendukung kamu menjadi sehat dan awet muda di usia tua.

Mulai saat ini mulailah menjadikan makan yang makanan sehat dan bergizi sebagai gaya hidup, hal ini adalah investasi untuk masa tua. Rajin berolah raga dan mengonsumsi makanan sehat adalah satu paket yang tak bisa dipisahkan. Percuma saja apabila rajin olah raga tetapi makanan dan minuman yang dikonsumsi tidak dijaga. Dan akan percuma juga bila kamu hanya mengonsumsi makanan sehat tetapi malas bergerak atau malas berolah raga.

Makanan sehat yang kaya dengan kandungan antioksidan, dipercaya dapat mengurangi gejala – gejala penuaan dini, alias wajah boros. Bahkan kandungan antioksidan diyakini sebagai makanan anti-penuaan, sebab memang terbukti bisa mengikat serta menetralkan efek buruk radikal bebas, menurunkan peroksida, dan juga memperbaiki kerusakan pada membran akibat dari oksidasi. Selain itu, antioksidan bekerja sebagai regulator sel yang dapat mempengaruhi metabolisme dan dapat mendorong produksi kolagen secara langsung, sehingga akan menghambat proses penuaan. Lalu apa sajakah contoh makanan yang mengandung antioksidan? Diantaranya yaitu : buah delima, kacang – kacangan, brokoli, tomat dan aneka buah berry dan buah anggur.

  1. Berhenti merokok dan minuman beralkohol.

Ladies ingin selalu sehat, awet muda dan cantik meski kelak telah berusia 50-an? Hal itu akan menjadi mustahil apabila sejak muda kamu memiliki dua kebiasaan buruk yaitu merokok dan minum minuman beralkohol. Semua zat-zat buruk yang terkandung dalam rokok dan alcohol akan menggerogoti sel-sel di dalam tubuh kamu. Dampak buruk dari rokok dan alcohol yang cepat terlihat ialah bibir yang menghitam, warna kehitaman di bawah mata dan perut turun tapi membuncit.

Banyak penelitian medis yang menyatakan bahwa dengan merokok maka otomatis akan memotong 7 tahun usia asli. Jadi jika kamu merokok, meskipun usiamu masih 23 tahun, tapi wajahmu akan tampak seperti wanita berusia 30 tahun. Pada dasarnya merokok dapat membuat kulit menjadi keriput dan membuat kita terlihat lebih tua. Selain itu rokok juga akan mengganggu penyerapan kalsium, jadi kalsium yang seharusnya disimpan di dalam tubuh akan terbuang sia – sia dan berakibat tulang tidak bisa kokoh di saat usia menua. Para wanita perokok juga lebih berisiko terserang masalah kesehatan serius dan berisiko mengalami menopause lebih awal dibandingkan wanita yang tidak memiliki kebiasaan merokok.

Tidak cuma rokok, alcohol pun juga akan berpengaruh buruk untuk tulang, organ tubuh bagian dalam dan sel-sel tubuhmu. Para pecandu alkohol berat berisiko lebih tinggi terserang penyakit osteoporosis. Organ tubuh seperti liver, ginjal dan jantung juga terancam penyakit serius yang mengundang kematian. Percayalah bahwa tidak ada wanita pecandu alcohol dan perokok yang tetap sehat, awet muda dan cantik ketika usia mereka telah memasuki 50-an tahun, terkecuali mereka melakukan operasi plastik.

Namun meski melakukan operasi plastic pun, awet muda dan cantik yang didapatkan hanyalah diluarnya saja, sayangnya organ bagian dalam tubuh mereka tetap rusak. Bila mau diibaratkan, maka wanita yang melakukan operasi plastic itu bagaikan emas imitasi (palsu). Bagai besi yang disepuh agar tampak seperti emas, namun tidak akan merubah hakikat sesungguhnya yang hanyalah besi berkarat.

5 Tips Agar Awet Muda di Usia Lanjut zi

Awet muda di usia 50-an sebenarnya bukanlah sekadar angan-angan, asalkan kita benar – benar konsisten untuk menjalani kebiasaan – kebiasaan baik sejak usia muda dan mulailah dari sekarang. Dan ada satu lagi yang tak kalah penting agar kita tetap awet muda, yaitu bersyukurlah atas hidupmu dan tersenyumlah. Bersyukur dan tersenyum itu tidak harus menunggu bahagia, namun dengan bersyukur dan tersenyum, maka kamu akan menjadi bahagia.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s