Asam Lambung Tinggi (Tukak Lambung)

Bagi para penderita Peptic Ulcer Disease (PUD) atau penyakit asam lambung tinggi atau biasa disebut juga tukak lambung. Faktor utama asam lambung meningkat adalah pikiran Anda sendiri. Peptic Ulcer Disease (PUD) merupakan penyakit lambung dikarenakan sekresi asam lambung berlebih, infeksi H. pylori, serta produksi prostaglandin berkurang.

Tingkat yang parah dari penyakit asam lambung tinggi atau tukak lambung adalah terjadinya penipisan serta kerusakan pada organ lambung, usus dan bagian pencernaan lainnya. Pada umumnya, kerusakan yang kronis pada organ lambung disertai pula keluanya darah agak kental melalui anus. Asam lambung tinggi ini juga akan berdampak pada organ-organ tubh lainnya, seperti hati, jantung, ginjal dan sebagainya. Hal tersebut dikarenakan fungsi kerja lambung yang tidak baik, dan dikarenakan asam lambung yang berkembang terlalu banyak, hingga menyebar.

Sebenarnya, pola makan yang tidak teratur hanya membawa pengaruh kecil terhadap meningkatnya asam lambung. Bukankah ada banyak orang-orang yang makan tidak teratur? Dan banyak pula orang-orang yang hanya makan 1 kali sehari, tetapi nyatanya mereka tidak terserang asam lambung tinggi. Pada bulan Ramadhan pun, ada banyak para penderita asam lambung tinggi yang nyatanya sanggup menjalani puasa 1 bulan penuh.

Pasti kebanyakan dari kita sudah mengetahui bahwa obat dari dokter hanyalah pereda sementara bagi penyakit ini. Mulailah dari merubah cara berpikir Anda, karena ada 2 penyebab non-medis yang berkaitan erat dengan penyakit asam lambung tinggi yaitu :

1. Cobalah membuka hati Anda untuk menerima nasihat kebaikan dari siapapun.

Nasihat yang baik, bagaikan makanan bergizi yang akan menyehatkan tubuh. Jika Anda memuntahkan nasihat baik, tidak peduli sama sekali bahkan menggerutu di dalam hati atau pun terang-terangan, maka hal tersebut sama dengan Anda membiarkan jiwa dan hati Anda kosong. Ketika jiwa dan hati kosong, maka tubuh pun akan memberikan respon yang buruk berupa munculnya penyakit.

Terlebih lagi apabila, Anda menolak, membantah atau menggerutu, baik di dalam hati maupun terang-terangan ketika orang tua Anda sendiri yang menyampaikan nasihat. Bila hal tersebut Anda lakukan, jangan kaget apabila Anda menderita penyakit asam lambung akut bahkan berulang kali harus di rawat di Rumah Sakit.

2. Bersyukurlah, bukan hanya sekedar ucapan syukur saja.

Kurangi hobi mengeluhkan segala hal yang berhubungan tentang hidup Anda sendiri. Manusia biasa mana yang tidak pernah mengeluh??? Pasti pernah, yang perlu kita lakukan adalah mengurangi intensitas keluhan hingga seminim-minimnya keluhan. Sungguh, bukan hanya Anda yang hidup menderita di dunia ini. Kurangi mengeluh, kemudian berserah diri pada Allah, karena Allah telah menyiapkan skenario hidup untuk Anda.

Perbanyaklah bersyukur.. Bagaimana pun kondisi Anda saat ini, seperti apapun kehidupan Anda saat ini, bersyukurlah. Bukan sekedar ucapan yang keluar dari bibir “Saya bersyukur” atau “Alhamdulillaah”, namun terapkan juga rasa syukur itu hingga ke dalam hati dan pikiran Anda..Seringlah melihat orang-orang yang jauh lebih susah daripada Anda. Dengan berempati pada orang lain, pikiran Anda akan menjadi lebih positif. Kurangilah melihat dan memikirkan orang-orang yang kehidupannya tampak di atas Anda. Karena dengan sering melihat orang-orang yang kehidupannya tampak di atas Anda, maka akan menimbulkan pikiran negatif, sehingga muncul pula sikap menggerutu di dalam hati, disertai amarah, dan hinggapi pula rasa iri, bahkan kedengkian di hati dapat hinggap pula di hati Anda.

Jalani hidup Anda dengan kebaikan, pasti Allah akan menjadikan hidup Anda pun baik.. Tak perlu mencemaskan banyak hal secara berlebihan. Kita memang perlu bersikap waspada selama berjalan di atas dunia ini, namun tetaplah berprasangka baik pada orang lain. Milikilah hati yang tulus dan tak perlu tersinggung atau pun merasa kecewa secara berlebihan. Jika di dalam hidup Anda hadir orang-orang yang bersikap atau bersifat tidak sesuai dengan harapan Anda, merasa kesal diawal boleh saja namun tak perlu berlarut-larut, maklumi saja mereka..

Berpikirlah sebelum bertindak, agar masalah tidak datang dalam hidup Anda secara bertubi-tubi. Berfikirlah sebelum berbicara, agar tidak menyakiti orang-orang yang berada di sekitar Anda. Tindakan dan ucapan kita dapat mengundang musuh dan menjauhkan persaudaraan maupun persahabatan.

Bila masalah telah melilit kehidupan Anda, tenangkan hati dan percayalah bahwa Allah memiliki rencana yang indah untuk hidup Anda. Bagi Anda yang telah berhasil membiasakan diri dengan pikiran positif, pasti asam lambung tinggi Anda jarang kambuh.. Bahkan sembuh..

Salam Bahagia Selalu

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s